Sabtu, 18 Maret 2017

Ganti data KTP (foto) di Indonesia, kenapa ribet?

Selamat pagi, Bapak/Ibu yang terhormat.

Saya Wulandari yang berdomisili di Tangerang.
Ketika saya bikin KTP pas lulus SMA (2012) saya belum mengenakan kerudung, kini saya telah berkerudung dan ingin sekali mengganti foto KTP saya dengan yg menggunakan kerudung.

Pertama kali saya menyampaikan ini ke kelurahan (sekitar Januari 2017), katanya tidak bisa, Ibu nya bilang KTP hanya bisa diperbarui nanti sekalian ganti status setelah menikah. Sedangkan saya masih belum tau nikahnya kapan. Walaupun ini hanya foto tapi saya sangat sadar bahwa ini adalah juga aurat yg akan terus terumbar.

Tidak menyerah saya langsung ke Kecamatan hari itu juga, langsung saya samperin dan tanya bagian foto KTP nya, katanya harus ke Dinas Catatan Sipil langsung.

Karena hari itu sudah sore saya pikir percuma kalau ke Dinas Catatan Sipil hari itu juga. Lalu saya menunggu waktu yang pas untuk bisa mengurus ini lebih lanjut.

Ketika pembagian SPT tahunan dari pabrik tempat saya bekerja (Maret 2017) dan harus isi onlne tapi saya lupa Efin saya, maka saya cuti untuk ke Kantor Pajak, sekalian ngurusin yg ganti foto KTP ini.

Sebelum saya ke kantor Dinas Catatan Sipil untuk mengganti foto KTP, terlebih dulu saya searching di internet, apakah bisa mengganti foto KTP dan apa saja syaratnya? Dan dari sini jugalah saya tau tentang SAPA KEMENDAGRI. Ternyata ada juga yang punya keinginan sama seperti saya, yaitu mengganti foto KTP nya, disitu ada yg nanya, apakah bisa mengganti foto KTP? karena dia dulu tidak menggunakan kerudung. Lalu dijawab BISA oleh admin sapa kemndagri pake disebutin Undang-Undang  nya juga.

Tiba hari dimana saya bisa ke Cikokol Tangerang, ke Kantor Catatan Sipil sekaligus ke Kantor Pajak minta efin. Tempat yang pertama saya tuju adalah Kantor Catatan Sipil, disini rame sekali, kalah rame nya ketika Aliando datang ke Mall. Untuk bisa nanya ke meja informasi saja harus ngantri dan berdesakan sama ibu ibu. Ketika dpat kesempatan untuk bertanya kepada CS nya tanpa basa basi saya langsung nanya, kalau mau ganti foto KTP gimana caranya, dia bilang cari satpam minta temuin dengan Bu Vivi. Tidak jauh dari meja informasi saya ketemu satpam dan langsung saja saya tanyakan  dimana keberadaan Bu Vivi, dia malah balik nanya, untuk apa ketemu Bu Vivi? saya jawab, "saya mau ganti foto KTP." Dia bilang "Disini lagi mati lampu, tuh liat lampu nya gak nyala, otomatis jaringan juga gak ada", celoteh satpam itu sambil nunjuk ke lampu-lampu yang memang tidak nyala. "Tunggu saja sampai lampu nya nyala atau datang lagi lain hari." Tambah satpam itu. Karena status saya sebagai pegawai swasta dan tidak bisa seenaknya cuti, saya sampaikan hal ini ke dia. Satpam itu malah agak merengus. "Ah sudahlah, mungkin dia juga lagi pusing karena lagi banyak orang disini" Pikirku dalam hati

Daripada saya bete di kantor Catatan Sipil gak ada kepastian, sambil nunggu listrik & jaringan disitu bener, saya ke Kantor Pajak  untuk meminta nomor EFIN. Memasuki kantor Pajak beda sekali dengan kantor Catatan Sipil, di kantor Pajak ini suasana nya lebih kondusif dan pegawai nya juga lebih ramah, mungkin karena faktor di kantor pajak tidak terlalu ramai juga kali ya. Dan satu yang saya pikirkan. DI KANTOR PAJAK GAK MATI LISTRIK DAN JARINGAN LANCAR, KOK DI KANTOR CATATAN SIPIL MATI?????

Singkat cerita saya ngambil nomor antrian di kantor pajak, menunggu dan dpt nmr efin. setelah itu saya kembali ke kantor Catatan Sipil, saya liat lampu sudah nyala, asikkk pikirku dlm hati. langsung saja saya tanya ke satpam dimana letak keberadaan bu vivi dan bilang mau ganti foto KTP, dia langsung bilang di lantai 3 tapi jaringan masih error. ah sudah nanggung disini biarin jaringan error juga yg penting saya mau ketemu bu vivi dulu, PENASARAN!!

Saya naik ke lantai tiga sempet nanya lagi disitu dimana bu vivi, lalu saya dikasih tunjuk ke ruangannya. Memasuki ruangan bu vivi, saya liat dia disitu lagi asik duduk nyantai sambil main HP. AH SAYA JUGA MAU JADI PNS KALAU KERJANYA NYANTAI GINIIII ehhh tapi enggak deng, kerja kayak gitu mah gak bakal bikin nalar berkembang, saya lebih suka kerja di LAB. oke, lanjut.
Langsung saja saya tanya bu vivi saya mau ganti foto KTP. Awalnya dia bilang GAK BISA. WHAT??? Saya hampir aja shock, langsung aja saya bilang sebelum saya kesini saya sempat nyari2 di internet bahwasanya bisa mengganti foto KTP malah ada Undang Undang nya juga, baru dia mau melayani saya. Dia nanya, "Hanya mau ganti foto KTP aja?" Saya jawab "Ya sekalian alamat juga sih RT nya berubah" lalu saya kasih fotokopian KK saya. Dan saya hanya diminta nomor HP karena untuk ganti foto KTP bisa ngantri 1 sampai 2 bulan dan blanko nya juga gak ada, karen lagi ada kasus korupsi di atasnya. Saya gak ngerti juga sih kok bisa ngantri lama sekali untuk ganti foto KTP, tapi kayanya dia mau saya cepat keluar dr ruangan itu, langsung aja saya tulis No HP saya. Tapi oon nya saya saya cuma nulis No HP saya di fotocopi KK yg tadi saya kasih, saya gak nulis keperluannya apa, dan saya inget ini pas udah keluar ruangan dia, males bgt mau balik lagi. maka dari itu saya menyampaikan ini di sapa kemndagri. semoga bisa dibaca dan segera ditindaklanjuti. Saya sempet suudzon KTP dibikin seumur hidup hanya untuk meringankan beban kerja PNS, karena mau ganti data seperti ini saja ribet sekali.

Terima kasih
Mohon maaf apabila ada perkataan saya yang lancang
Maaf juga apabila ada tuduhan tanpa bukti, saya gak sempet moto

Update 2019
saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP SUDAH BISA DILAKUKAN, silahkan baca  di: https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

95 komentar:

  1. saya setuju mba, saya juga mau ganti foto KTP saya. tp selalu saja jawbannya gk bisa. bsa tolong bgaimana lapor ke halo kemendagri mba. mksh saya ilyas di jakarta. jika berkenan boleh hub WA saya 089670070069. terimaksih mba sya betul betul butuh infonya, saya sudah putus asa sampai saat ini status saya sbgai penduduk msh menggantung. mksh mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas nya kenapa mau ganti foto ya? search aja web nya kemendagri di internet mas.

      Hapus
    2. Iya mba/mas.saya juga dudah lbih dri 3 kli ke kelurahan dan ke kntor dupcapil jakarta timur.selalu jawaban.a gk bisa dan yg ngurus di dupcapil nya malah mrah marah...say pngin ganti foto ektp.krna buat melamar pekerjaan.karna poto saya di ektp poto bru lululus sekolah.

      Hapus
    3. Sama lh ,aku fto ku fto pas waktu sekolh ..mau ganti juga ..tpi ngak bisa

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. sulit ya ukht..terpaksa jadi kriminal sementara nii..foto ktp saya tempelin yg udah berhijab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ide bagus kak, saya juga mau coba deh. katanya sih blanko nya blm ada kak, gara2 dananya dikorup. sedih pisan :(

      Hapus
    2. Senasip juga sih saya juga barusan pingin ganti poto ktp di capil setempat.alasanya di tempat kerja ama tinggal sekarang setiap penggunaan ktp di komplen katanya poto sama orangnya beda memang iya juga sih kalo di samain dengan poto sim memang beda kalo cuman sekilas,tapi ketika saya datang ke capil petugas bilang tidak bisa melayani dengan alasan poto itu jernih tidak buram.yang padahal tujuan saya sendiri untuk ganti poto itu hanya demi kelancaran berbagai urusan yang memerlukan ktp biar tidak dipersulit dimanapun.al hasil masih nihil.kalo memang tidak ada solusi apa boleh buat di sangka kriminal juga tak apa lah,setidaknya aku juga sudah berusaha mengikuti prosedur pemerintah.

      Hapus
    3. Ditempelinnya pake apa mba ? Di double tip gtu ? Saya juga mau coba

      Hapus
    4. Bru mw coba ahh pke doble tip

      Hapus
    5. Sama mbak...sy akhirnya jg gt. Wlpn g tau jg melanggar hukum apa engga.Hbsnya jg cape bolak balik k ducapil yg dijawab dgn berbagai mcm alasan.

      Hapus
    6. sy jg mengalami hal yg sama...
      apa boleh ya di tempel poto sendiri yg pake hijab..?

      Hapus
    7. Saya pernah jg pakai double tip tp pas mau buka rekening dibilangin sm org bank suruh buka aja. Takut kena sanksi 😌

      Hapus
  4. Jadi intinya KTP ukhti blm jadi ya?
    Sy jg mau ganti foto, sama persis alasannya kyk ukhti diatas, Krn mau pake foto yg kerudungan,makanya sy cari² informasi, untung ketemu tulisan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya udah ngajuin maret 2017 & sdh ada panggilan melalui sms 2 bulan setelahnya, tp saya lg ngetrip jd ga bisa hadir. sementara ini foto ktp saya tempel aja dgn yg kerudungan.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Syukron ukhti, sdh berbagi cerita,
    kurang lebih sama, dengan yang saya rasakan,..
    ingin mengganti foto di ktp menjadi berkerudung, sangat malu, kalo saya harus terus2 menggunakan foto tanpa kerudung, mengingat dulu belum berkerudung,dan bisa jadi banyak yang menginginkan hal ini jg .. semoga cerita singkat ukhti, bisa di lihat lebih banyak orang, sehingga ada cara mudahnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dpt message instagram dari org yg punya keinginan sama, yaitu mengganti foto ktp, katanya sekarang udah gampang kok, tp saya sendiri blm nyoba lg hehe. foto di ktp sudah saya tempel dgn yg berkerudung utk sementara

      Hapus
    2. Boleh di share caranya ukht?

      Hapus
    3. Beneran udh bisa kak ganti foto e-KTP
      Soal ny saya mau ngurus juga nih besok
      Dulu ga berhijab skrg berhijab

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Sama mba. Udah bawa 2 bocil (2th 11bln dan 1th 2bln saat itu). Ke disdukcapil. Ngantri buat suket utk suami yg ektpnya blm jadi. Giloran sy masuk ruang perekaman sama salah satu petugas di ejek "mau ganti poto?" sembari ketawa gitu.

    Ya Allah. Betapa dzalimnya para pejabat itu..

    Perjuangan berujung NIHIL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya kak. kalau berurusan sm PNS gini kita ga ada pilihan. beda kalau mau beli barang di toko kita bisa pilih mana yg penjaga nya enak ditanya2 😄😅

      Hapus
  9. Ane juga mbak,masa foto ktp ane dipasang foto pas smp yang masih keliatan kyk anak kecil gitu,pas dilaporin ke kantor capil malah pegawai marah gara2 saya minta ganti foto ktp
    Gimana dong?toh dia kerja gk bener malah marah2 ke ane kn bngsat
    Ada solusi gk mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sori mas baru balas, komen masnya masuk ke spam saya baru liat. saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP SUDAH BISA DILAKUKAN, silahkan baca https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

      Hapus
  10. Serupa dengan saya kak. . Hanyavganti foto ktp saya serasa dilempar suruh nemuin sana nemuin sini bilangnya alat g ada dsb....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya kak. kalau berurusan sm PNS gini kita ga ada pilihan. beda kalau mau beli barang di toko kita bisa pilih mana yg penjaga nya enak ditanya2 😄😅

      Hapus
  11. Saya juga hari ini baru ke dukcapil tanya mau ganti foto yg berhijab tp katanya susah prosedurnya sama ajh kaya mau bikin ktp baru, saya pdhl sdh punya ektp jakarta lalu krn pindah domisili ke kabupaten bogor jadi ubah data alamat. Padahal namanya ektp kan sudah komputerisasi ya masa ini dari september 2016 sampai sekarang belum dicetak lg ektpnya alesannya karena saya sudah pernah punya ektp jadi pencetakan didahulukan bagi yang belum punya. Lahh tapi masa sudah 1 setengah tahun ga dicetak2 juga. Kalau diwilayah jakarta denger2 info lebih cepat kalau ada perubahan data untuk cetak ulang ektp nya bener ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. spertinya memang sejak kasus korupsi e ktp oleh setya novanto, blanko e ktp jd langka kak. berdoa aja semoga kasus nya cepet kelar.

      Hapus
    2. Bener ko, mba. Di jakarta lebih cepet. Sy baru 5 bulan tp udh jadi. Dulu di tangerang sampe 1,5 tahun pake suket terus. Cuma gatau cara ganti foto nih. Kemarin pas mau ganti petugas kelurahan bilang ga bisa. Kesel

      Hapus
    3. halo, saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP SUDAH BISA DILAKUKAN, silahkan baca https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

      Hapus
  12. Assalamualaikum mbak. Sama halnya dengan saya mbak. Saya jg pengen ganti foto e ktp dari yg ga hijab ke yg berhijab. Tp saya tanya2 katanya ga bisa mbak. Saya maluu sampe ktp saya tutupi anti bgt saya keluarkan dr dompet kalo ga karna kepepet 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama kak. kalau ditempel foto lain jg saya jd agak takut jg, karna data kita sudah terekam by system

      Hapus
    2. aku juga bermasalah dengan photo KTP beda banget soalny banyak yang ga percaya kalo itu saya. skr kalo beli tiket yg butuh No id aku pake sim soalnya biar ga ribet ditanya "ini beneran saya" dan tadinya ada rencana pengen ganti photo juga cuma udah punya firasat bakalan ribet dan dipersulit oleh parah PNS ga mau ribet.

      Hapus
    3. Sama banget mbak,saya juga sampai malu kalau foto KTP saya dilihat orang karena tidak pakai jilbab.sudah ganti KTP baru soalnya saya ganti domisili tapi saya tidak tau trnyta waktu KTP saya jadi fotonya tetap yg lama.pdhal saya dimintai pas photo trnyta itu cuma buat arsip klurahan.foto yg di pusat tetap pakai yg lama.sekarang lagi cari-cari info buat ganti foto KTP.malu banget kalau foto gak pakai hijab bakal dipajang seumur hidup

      Hapus
  13. Yg lbh menyedihkan saya. Dulu saya seorang waria, tp alhamdulillah skg saya mendpt hidayah dr Allah utk kembali menjadi laki-laki, namun maslh hidup saya blm berakhir, foto yg ad dlm KTP saya poto dgn keadaan saya dulu ketika alis masih tinggi, muka putih bedakan, rambut panjang macam hantu, serem pokoknya. Skg sya sedang berjuang utk dpt ganti foto di KTP saya namun tampaknya mmng sulit. Saya mohon kalau ada teman yg dpt membantu saya gmna caranya agar dpt mengubah poto KTP saya mohon infonya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sih kepikiran ktp nya pura2 hilang, terus pas pengen cetak ktp baru bilang, mau sekalian ganti foto. coba aja kang..

      Hapus
    2. Saya sdh pernh datang ke kementrian kependudukan yg ada di Pasar Minggu bbrpa bulan lalu, sya sudah mengajukan tp saya diminta bawa blanco pengantar dr disdukcapil, blm saya coba krn wkt itu sya blm sempat cerita msalah saya yg sebenarnya.
      Nnti saya coba saran dri mbak wulan klo bgtu.

      Hapus
  14. Kalau saya minggu lalu mengurus akte lahir, karna nama berbeda dr ijazah dan kk, otomatis berubah semua mengikuti ijazah, nah pas terkahir giliran ktp yg perlu diganti, dr kecamatan bilang bisa didukcapil, tp didukcapil ktemu ibu2 namanya ibu sri malah bilang, kenapa foto mw diganti dr pake jilbab gak pake jilbab, seolah2 sewot padahal dy liat saya gk pke jilbab, saya jelaskan sama ibu itu kalau semua mengikuti perubahan nama di kk saya mw sekalian ganti foto (karena saya merasa fto 8tahun lalu itu tidak mirip saya yg skrng) ibunya ngotot gak bolehin kata beliau yg diutamakan yg gk punya ktp, kalau saya punya pke aja yg lama, saya jg ngotot bukannya ini ktp juga bakal dicetak ulang karna pergantian nama, dr camat juga boleh dan mengarahkan ke capil, tapi ibu itu malah bilang nnti saya tlp camatnya p.budi ya disana, nanti saya bilang gak usah dicetak ktp mbk, ( saya bingung apa hak dy melarang pencetakan ktp saya) dengan angkuh dy bilang begitu
    Saya jawab kalau begitu percuma dong saya bawa berkas2 ini dari kecamatan eh ibunya malah ngomel2 lagi, dan sampai saat ini saya jd malas, berkas saya biarkan aja, padahal saya urus semua awalnya untuk keperluan akte dan perubahan nama pun dr pihak capil yg mengharuskan, saya ikutin semua prosedur tapi kenapa beliau mengancam tidak mencetak ektp saya, saya merasa aneh, apa saya harus mengadu kekepala dinas dukcapil itu? Saya khawatir dipersulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lebih rumit dibanding masalah saya haha. Kalau beda nama gitu biasanya nanti susah kak kalau mau bikin dokumen baru sperti paspor.

      Hapus
  15. Suatu SYSTEM seharusnya dibuat untuk mempermudah birokrasi apapum dengan tujuan mempercepat proses . Kalau hanya untuk mengganti foto ktp yang tujuannya secara pribadi untuk hal hal positif ( Contoh menurup aurat ) )trus katanya susah dan tidak bisa ... menurut saya adalah HAK kita tidak.terpenuhi . Mohon dari pihak terkait untuk bisa merevisi system atau undang undang yang berlaku saat ini . Penggantian foto seharusnya bisa diajukan dengan syarat bla bla bla .... bukan dengan jawaban Tidak Bisa Diganti ???

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bisa kak, ganti foto di sistem nya. Hanya saja ga bisa dicetak di e-ktp karena ketersediaan blanko terbatas, gara-gara dana nya di korupsi sama Setya Novanto.

      Hapus
    2. halo, saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP SUDAH BISA DILAKUKAN, silahkan baca https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

      Hapus
  16. Saya juga mengalami permasalahan yang sama dg mbak. Beberapa minggu yang lalu, berbekal surat pengantar dari kecamatan. Saya berangkat ke dispendukcapil. Dengan tujuan ingin mengganti foto e-ktp. Tapi begitu sampai disana..setelah mengantri 2 jam. Giliran nomor saya dipanggil, petugasnya bertanya tujuan saya. Dan saya bilang ingin ganti foto. Eh dia nya nanya, kenapa ibu ingin ganti foto, dan saya jawab ..dulu belum berhijab. Sekarang berhijab. Tapi...jawaban petugasnya sungguh bikin panas telinga. Katanya : kenapa ibu tidak berhijab aja dari dulu. (Uuh..Andai saja saya punya keberanian, ingin saya gampar saja orang itu. ). Dan Saya sempat marah2..tapi ya begitulah tetap hasilnya nihil sama seperti mbak semua. setelah itu petugasnya baru ngomong, katanya "blangko nya habis". Yang saya sesalkan..Kenapa mau beralasan blangko habis saja pakai ba..bi..bu..pakai mengatai "kenapa sy tidak berhijab saja dari dulu". Dan yang masih jadi pertanyaan bagi org awam seperti saya, masa iya sih blangko habis sudah tidak mampu membeli lagi ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena dana nya di korupsi kak. sebenernya ada bbrp tp mereka prioritas bagi yg blm punya e ktp

      Hapus
    2. karena dana nya di korupsi kak. sebenernya ada bbrp tp mereka prioritas bagi yg blm punya e ktp

      Hapus
  17. Bagaimana kalau kita berkumpul ramai ramai kita datangi kantor kementrian kependudukan yg ada di pasar minggu kita sampaikan keluhan dan keinginan kita siapa tahu aspirasi kita di dengarkan. Mngkin ad diantara teman teman yg sependapat dan yg ad d wilayah Jakarta boleh kita bicarakan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masih ada prioritas kerjaan lain mas hehe. protes nya lewat web nya dulu aja. ini postingan saya juga saya post di web kementerian penduduk. mungkin kalo banyak yg post dgn keluhan sama bakal ditanggepin. klo ga ditanggepin juga baru deh maju.

      Hapus
  18. Saya jga sama mbak, pngen ganti poto yg brkerudung, tpi saat k klurahan katanya gk bisa,sampai pusing mikirinnya, terlebih sy kuliah d institut agama islam,sering dsuruh ngeliat'n ktp,malu rasanya ngeliatin poto ktp yg gk brkerudung, tolong kpda pihak yg terkait agar dimudahkan sgala urusannya, agar tidak trjadi penyimpangan buat mengakalinya, toh ini untuk kebaikan bkan untuk kmadharatan.
    Terimakasih mbak tulisannya sngat mewakili kita yg senasib

    BalasHapus
  19. Ternyata masalahnya sama ya, saya juga begitu foto ktp saya pas saya masih lepas pakai hijab, dan saat ini Alhamdulillah sudah berhijab terus. Tapi ketika saya ingin mengganti foto ktp ternyata prosedurnya susah sekali ya 💦💦💦

    BalasHapus
  20. Pengalamannya sama ya, sy jg ingin ganti fhoto krn dlu blm berkerudung, skr udh berkerudung.. Tp klo prosedurnya rumit gt ma jd mls ya.. Paling ktp nya hrs disembunyiin trs d dompet, br dkeluarin klo kepepet... Hmmm

    BalasHapus
  21. Mbak boleh Tanya gmn perkembangannya, sudah bisa diganti fotonya, soalnya say jg mau ganti foto,

    BalasHapus
  22. Ternyata bukan hanya saya saja. Sedih mah kalo begini.

    BalasHapus
  23. Mba gmn smpai skrg udh gnti blm phto nya, Aya jga mau ganti tp gak bsa gmn ya?

    BalasHapus
  24. saya jg mengalami hal yg sama,dulu sy belum berhijab dn sekarang sy sdh terpanggil sebagai muslimah wajib menggunakan hijab,dn sy pun ingin poto ktp sy ganti poto yg berhijab,tp sy udh mengurus mulai dr kelurahan smpai kecamatan dn di suruh ke ducapil sampai 3x sy wira wiri,awal dtg yg poto g ada di tempat,kedua katanya blangko kosong,ketiga kalianya sy dtg bilangnya tdk bisa ganti poto ktp dgn alasan ganti berhijab..jujur dlm hati sy kecewa berat dn sy gak tahu harus mengadu ke mana..?

    BalasHapus
  25. Permisi mbak saya mau memberikan info kalo ganti foto KTP sudah bisa dan gampang, kemarin saya baru mengganti foto KTP di Sudin jakar timur, alasan saya ganti karena KTP saya dibuat ketika baru masuk SMA dan belum 17 tahun, foto nya masih kelihatan seperti anak kecil dan ttd nya masih belum pasti jd SMA saya dan kelurahan setempat saya tinggal dulu berkoordinasi untuk mengambil data anak2 untuk membuat KTP jd data nya udh ada tinggal minta di kelurahan pas udh 17 tahun,nah proses penggantian foto nya juga gampang dan langsung jadi KTP nya setelah foto seperti itu mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbaknya beruntung yaa 😂

      Hapus
    2. Wah kok bisa mbak ? Cara dan alurnya gimana nih mbak ?

      Hapus
    3. Wah beruntung banget.. Saya datang ke dispenduk aja petugasnya sewot katanya foto saya aja gk berhijab..

      Hapus
  26. Samalah boss, mau ganti foto KTP yang pernah dibilang polisi "Ga mirip dengan muka aslinya"
    Maklum, foto KTP muka masih mulus tanpa brewok.

    BalasHapus
  27. Mbak numpang tanya kalo foto.ktpnya di tempel sama foto kita boleh ga mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih ga boleh karena nmr ktp kita bisa diakses di web pemerintah & bakal keliatan semua data kita asli apa ga. btw, saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP SUDAH BISA DILAKUKAN, silahkan baca https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

      Hapus
  28. Iya bener..kita rakyat kok kyaknya apa2 di persulit ya..padahal pajak bayar..

    BalasHapus
  29. Saya juga pengin ganti foto dengan alasan yang sama.. ganti yg berjilbab.

    BalasHapus
  30. saya jga merasakan apa yg kalian rasakan, untuk mengubah foto ektp sangatlah rumit dan tidak mudah, bahkan saya berfikiran mending ktp dlu yg dilaminating jika sudah habis masa berlakunya bisa buat lg yg baru tanpa sesulit ektp jaman sekarang... ada perubahan dari pemerintah dari ktp laminating menjadi ektp memang baik, tetapi saya kecewa kenapa mengurus ektp tak semudah dengan mengurus ktp laminating jaman dlu.. intinya percuma ada perubahan tetapi kedepannya menyulitkan kita semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karna dana e-KTP dikorupsi sama Setya Novanto kak, skrg udah bisa kayaknya blanko nya udah tersedia lagi, saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP SUDAH BISA DILAKUKAN, silahkan baca https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

      Hapus
  31. Wach sama kya kasus saya mba.. klo mw ganti foto kta'a harus di sudin.. di klurahan bilang'a gk ada alat'a.. brngkatlah ke sudin..
    Hari pertama gk bisa alesan'a alat'a dipinjem ma klurahan mana gtu sya lupa..
    Hr kdua msh sama..
    Hr ke3 bru bisa... lngsung jd ktp'a..
    Dan skrng saya mw ganti alamat ech foto'a balik lg gk pke jilbab.. kta'a klo mw gnti lg yg pke jilbab harus ke sudin lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu lah kak klo urusan sama pemerintah kudu muter2 dulu haha. btw , saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP SUDAH BISA DILAKUKAN, silahkan baca https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

      Hapus
  32. Hallo kak. Aku mau nanya , kan aku waktu sma kelas 3 bikin ktp, terus difoto juga, nah foto yg keluar malah foto waktu aku smp, pas ku tanya tthnya, dia bilang itu foto yg waktu dulu direkam waktu mereka datang ke smp aku, ku agak keberatan soal ini sebenernya wajah ku dulu kan beda sama sekarang,itu wajah masih smp kelas 2 skrng kuliah, ya seenggaknya harusnya foto wajahnya pas aku umur 17 tahun kan. Aku harus gimana? Waktu itu pengen ganti bilang gak bisa tunggu nikah aja, kalau aku ngelamar kerja kan wajahnya beda jauh kak

    BalasHapus
  33. Bismillah, insyaa Allah mudah mengganti foto asal alasannya bisa diterima .. apalagi mengganti dengan foto berhijab.. awalnya .. kita bawa KTP dan KK ke RT minta surat keterangan untuk ganti foto .. jangan lupa untuk di TTD dan dicap .. kemudian ke RW untuk minta TTD dan cap juga... Nach,kemudian KTP lama, KK juga surat keterangan RT/RW kita copy.. copian tersebut kita langsung ke catatan sipil (bukan ke.kelurahan) nanti di catatan sipil ada lembaran yang diisi dan di TTD di atas materai.. berikan ke bagian foto e-KTP .. udah kok langsung disuruh tunggu dan diproses.. Nach dari catatan sipil nanti kita dikasih lembaran dng foto baru kita untuk datang ke kelurahan .. nanti di kelurahan serahkan yang dari catatan sipil tersebut sama KTP lama.. nanti langsung diganti KTP kita dengan foto yang baru. Insyaa Allah dimudahkan untuk teman2 yang ingin mengganti foto dengan niat menutup aurat.. insyaa Allah...(catatan: datang pagi ke catatan sipil dan kelurahannya mungkin lebih baik ya )

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi harus pake pengantar rt dan rw juga ya kak?

      Hapus
    2. jadi harus pake pengantar rt dan rw juga ya kak?

      Hapus
    3. Ini pasti di ganti ya?soalnya saya datang ke dispenduk katanya foto sekali seumur hidup

      Hapus
  34. Hari ini saya ke dispenduk niatnya mau ganti foto kata petugasnya gk bisa ganti foto, karena foto cuma sekali seumur hidup.. Petugasnya sewot sambil ngedumel foto saya aja gk berhijab trus melengos..

    BalasHapus
  35. Kemudahannya mngkn tdk hny sekedar lapor tp jg kasih amplop kali ya... jd hopeless mau ganti foto jg dg alasan yg sm kyk diatas😥

    BalasHapus
  36. Ternyata saya ndak sendiri :( malu tiap mau keluarin KTP karena foto masih SMA dan belum berhijab.. dan katanya ga bisa diubah (ektp seumur hidup).
    Adakah yang sudah bisa mengganti fotonya?

    BalasHapus
  37. Saya dari sumsel
    Saya juga mau ganti foto ktp yg berhijab, org capilnya bilang sendiri katanya gak bisa, udah dari pusatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP, silahkan baca https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

      Hapus
  38. Sepertinya memang banyak yang mengeuh soal foto ktp lama ingin di ganti dengan berhijab,
    Saya pun begitu :( tapi belum ada info lagi.
    Sudah tanya ke rt katanya gak bisa terkecuali ktp mu hilang, baru bisa lapor karna kehilangan.

    Apakah teman2 di 2019 ini ada yang dimudahkan utk ganti foto terbaru nya.
    Info-info yaaaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, saya sudah nulis blog baru tentang penggantian data e-KTP, silahkan baca https://wulandaritng.blogspot.com/2019/04/ganti-data-ktp-foto-di-indonesia-sudah.html

      Hapus
    2. Maaf mbak soal UU yg mbak sebutkan. Bisa diberitahu saya bunyi UU nya

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Sama saya juga ga bisa keluhan ny sama ga bisa ganti foto ektp baru kemarin sy kesana padahal sy udh buat laporan kehilangan ktp saya ke polsek dan udah ke camat sklian mau gnti foto baru yg berhijab ktnya kenapa ga dri awal berhijab (terus dia pura2 ngobrol sm temen ny aku di cuekin dong :') dalem hati sabarr lalu disuruh ke capil laporan lagi bhw ektp hilang dan bla2 terpaksa buat ktp sementara dlu..sama halnya dengan yg lain saya malu krn ktp belum berhijab untk lamaran kerja atau hal2 yg penting lainNya .. apa pemerintah tidak menindak lanjutin keluhan dan permasalahan menyangkut kepentingan dan kebutuhan masyarakat ??? btw saya di sumsel

    BalasHapus
  42. Saya sudah nyerah saja.. padahal saya guru serasa tak dihargai. Datang ke kecamatan dan ke kelurahan ehh mau ganti foto doank harus ke pusat nanti pas di pusat bilang ga bisa.. padahal kita ini e ktp.. masa ganti foto aja susah setengah mampus... tolong donk gmn nih untuk pemerintah daerah yg bagian kependudukan inget kalian kerja digaji rakyat.. kita kan minta bantuan ga tiap hari paling 1th sekali kadang 5th sekali.. masa duit saja ijo urus seperti ini tak bisa.. inget omongan mu dan dosa mu alias modus omongan di catet lo sama malaikat.. moga suatu saat anak mu juga mengalamin hal yg sama seperti ku..

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum Kaka aku ngeluh ini mau ganti Poto e-KTp tapi gak tau tempatnya/alamatnya saya tinggal di Bogor Rumpin jawabarat pas itu saya masih SMK kelas 3 saya buat e-KTP eh udah gitu gak keluar2 kan menurut info e-KTP paling lambat 6 bulan tapi ternyata udah hampir setahun setengah baru keluar sudah senang dong hati saya pas saya terima ternyata Poto saya tidak sesuai dengan apa yg di harapkan potonya hitam kusam sampai2 pas saya menerima e-KTP itu petugas yg ada di desa menertawakan saya sambil melihat ke saya melihat ke e-KTP saya mereka bergantian bilang kok gak sama dengan adek sih potonya kata mereka pas di lihat masyaallah pokonya sedih lihat Poto sendiri udah gitu saya terima ajah lah ya mau gimana lagi seiring berjalannya waktu dan saat saya membuka rekening membuat apapun yg berhubungan dengan ektp saya sering di tertawakan baik itu pas melamar kerja dll setidaknya kan say juga perasaan ya .jadi saya suka sedih saya pengen ganti potonya sajah saya di suruh ke Pemda Bogor tapi tidak tahu tempat dan alamatnya di mana dan syarat2nya apa sajah karena petugas2 yg ada di kecamatan saya mungkin mereka sibuk jadi ketika saya bertanya mereka kurang menjawab dengan iklas hati gituh.jadi apakah di sini ada yg mau ganti Poto juga kalo Ada hayuk bareng dengan saya ini no wa saya 081585465601 agar kita bisa barengannantinya .dan kalo tau alamatnya mohon maaf sedikit informasi kan ke pada sya.terimaksh

    BalasHapus
  44. Hal ini sama dengan yang saya alami, ketika hendak ingin mengganti foto KTP mendapat penolakan dari pihak Capil setempat. Semoga setelah ini ada tindak lanjut mengingat peraturan ini dibuat manusia so stay positive thinking Masih bisa di rubah foto KTP. Terlebih untuk pihak yang berwenang sekiranya memberi pelayanan yang baik bukan malah mempersulit,,,,,

    BalasHapus
  45. Maaf mba, mengenai undang-undang yang mba maksud di atas bisakah mba beri tahu itu undang-undang nomor dan tahun berapa ya mba dan bunyi nya apa? Biar bisa dijadikan pegangan juga, terima kasih sebelumnya mba.

    BalasHapus