Minggu, 07 April 2019

Ganti data KTP (foto) di Indonesia, sudah bisa [gampang]



Maret 2017, gue pernah curhat di blog tentang susahnya ganti foto e-KTP di Indonesia. Lalu beberapa waktu kemudian ada yang komen, ternyata udah bisa ganti data di e-KTP. Ga pikir panjang lagi langsung aja gue ke gedung disdukcapil (dinas kependudukan catatan sipil) lagi.

Tangerang, Juli 2018 gue nekat ke dukcapil lagi, ga mikir bakal ditolak lagi apa engga yang penting berusaha mengganti foto e-KTP gue yg tahun 2012 belum berkerudung, menjadi yang sudah berkerudung.

Singkat cerita, ganti data e-KTP itu gampang (mungkin karena sekarang blanko nya udah tersedia lagi), berikut langkah & persiapannya:
1. Datang ke kantor disdukcapil terdekat, ga mesti sesuai dengan alamat e-KTP mu, karena sekarang sistemnya udah online, jadi petugasnya bisa akses & ganti data dari mana aja dia berada.
2. Bawa e-KTP lama, KK (Kartu Keluarga) fotocopy-an & yg aslinya.
3. Datang ke kantor dukcapil lebih awal agar dapat nomor antrian awal (saya datang jam 6 pagi, malah ada yg datang abis sholat subuh, walau bukanya jam 8 pagi, tp buku nmr antrian udah tersedia dr subuh), jam 12 keatas dukcapil ga nerima antrian lagi
4. Nunggu nama kita dipanggil, lalu ditanya sama satpam keperluannya apa, nanti dikasih nmr antrian resmi, lalu nunggu [lagi]
5. Ketika nomor antrian sudah dipanggil oleh sistem, akan ditanya sama petugasnya mau apa. Jawab aja mau ganti data e-KTP (foto atau mungkin status nikah hehe), nanti disuruh bikin surat pernyataan dulu yang di ttd & materai (dia kasih contohnya kok)
6. Kalo suratnya udah jadi, nanti antri lagi untuk pemotretan (jika ingin ganti foto), abis itu kita dikasih struk [jangan sampe ilang]
7. Kita harus sabar menunggu lagi 1 bulan-an sampai e-KTP kita selesai dicetak, nanti ambilnya di kantor kecamatan sesuai domisili, jangan lupa bawa struknya.
8. Finally, e-KTP saya udah ganti foto, sekalian saya ganti data pekerjaan kemarin.
Ganti foto e-KTP




37 komentar:

  1. materai nya sudah disediakan dari sana? atau dari kita? kalo dari kita, butuh materai berapa ribu? terimakasih, blognya sangat membantu🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli sendiri kak, materai yang 6.500 Rupiah

      Hapus
  2. cara mengetahui kalo e-ktp nya udah selesai dan udah bisa diprint gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek sendiri ke kantor kecamatan hehe, saya sempet mundur juga dari jadwal yg sudah ditentukan. alhasil disuruh balik lg minggu depannya

      Hapus
  3. Assalamu alaykum mba sy jg mau ganti foto KTP tapi pas tanya sm pegawai kecamatan katax ndag bisa apa lagi baru cetak 2018 kemrin. Apa kalau pke surat ket. Hilang untuk KTP lebih midah kali ya untuk sekalian ganti foto?
    Saran dong mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mba, pakai surat keterangan hilang dr polisi aja, siapa tau lbh mudah

      Hapus
  4. Assalamu alaykum mba sy jg mau ganti foto KTP tapi pas tanya sm pegawai kecamatan katax ndag bisa apa lagi baru cetak 2018 kemrin. Apa kalau pke surat ket. Hilang untuk KTP lebih midah kali ya untuk sekalian ganti foto?
    Saran dong mba

    BalasHapus
  5. Apakah saya boleh minta contoh surat pernyataan ganti foto nya mbak? Biar bisa persiapan dahulu dari rumah. Terimakasih atas responnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak saya simpan kak, nanti dikasih contoh ko sm org dukcapilnya

      Hapus
  6. Kak saya kan dulu bikin e -ktp di kab bekasi, kalau mau ganti datanya di disdukcapil bandung bisa ga ya?

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaykum misalkan prosesnya melalui online bisa, bagaimana caranya kah mba. Syukran

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa, harus datang langsung ke dukcapil

      Hapus
  8. kak rentang buat surat pernyataan dan proses foto ulang itu satu hari jadi apa menunggu hari lain?

    BalasHapus
  9. Ngga harus pake suket rt dan ew kak wulan?

    BalasHapus
  10. E ktp yg lama ditahan apa gk kak?

    BalasHapus
  11. maaf sebelum nya, saya tadi ke disdukcapil ,nah saya bilang kalo saya mau nukar foto KTP, dan katanya buat laki laki enggk bisa kalo cewe baru bisa, iya saya tau kalo utk cwe alasan nya karna kerudung,ok ,tpi kok laki2 enggk bisa, padahal foto KTP saya dri SMA udah beda jauh..., tolong pencerahannya..., dan gmna tindak lanjutnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum kak ,saya mau ganti foto KTP juga ,THN 2015 saya tanya Capil katanya gak bisa ..,tahun 2016/2017 kebetulan nikah ,ngurus KTP baru saya minta ganti foto katanya juga gak bisa alasannya database udah masuk pusat ,sistemnya gak support untuk perubahan. Saya frustasi rasanya ,saya sudah berjilbab dari 2015 sampai sekarang foto KTP masih gak berjilbab ....malu kalau liatin KTP ke orang termasuk untuk keperluan penting .....kalau boleh tanya undang2 yang membolehkan kita ganti foto apa kak ?

      Hapus
  12. Ka kalo saya baru bikin 2018 tapi mau ganti foto ektp tahun ini boleh ga yaa? Mau ganti soalnya fotonya kurang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha 90% menurut saya sih ditolak krn mereka ada prioritas

      Hapus
  13. Maaf mba mau nnya mba bisa ganti foto daerah mana ya...

    BalasHapus
  14. Syarat2 yg harus dibawa apa saja ya? Kalo ktp saya kebumen dan mau ganti di bekasi apa bisa? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, syaratnya sudah saya jelaskan diatas dgn detil, silahkan baca dulu baru komen

      Hapus
    2. Assalamualaikum mba saya juga mau ganti foto ktp soalnya walaupun pake kerudung tapi rambut saya masih keliatan kira kira bisah ga ya di ganti fotonya

      Hapus
  15. Mba ada contoh Surat pernyataannya gak? Dukcapil tmptku gak ngasih contoh Suratnya. Kalau ada apa bisa dishare ke email ku arini.230193@gmail.com

    Terima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf skrg sya lg kuliah di cina, surat2 nya di indo smua, intinya sih surat pernyataan kenapa mau ganti foto, lalu di materai dan ttd

      Hapus
  16. wah mbak beneran sudah bisa? saya sebetulnya jg punya alasan yg sama, dulu foto blm berjilbab masih bandel2nya anak SMA. tp skrg sudah kuliah alhamdulillah sudah lebih sadar dan sudahsberjilbab. tp mau ganti skrg pasti blm dilayani soalnya baru bikin 2018. tapi mbak, seengganya sudah ada kabar bahwa beneran bisa diganti sekarang, jdnya uda tenang, mgkn 2-3 thn lg saya bakal ganti. semoga diberi umur panjang aamiin 🙏

    BalasHapus
  17. Artikel yang bagus kak, silangkan mampir juga di blog saya
    Web Design

    blog saya membahas topik tentang Web Developer

    BalasHapus
  18. Mbak saya mau gnti e ktp lama ke baru soalnya..masa berlaku udah habis walo sebetulnya bs seumur hidup tp klo ga diganti ga enak liatnya,ft di ektp sy jlek agak burem wlo sebetulnya msh terlihat tp ga begitu jelas tp mau sy perbarui jg..kira2 bisa g..kq gnti ft di ektp mkn wkt 1 bulan y bkne dlm wkt 1 2 mgg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasibnya sama kaya saya mb, frustasi banget masa di foto ktp bener2 kek mati lampu, buremm bgtt apalagi kalo di fotocopy cuma jadu warna kotak hitam saja. Tp kalau mau ganti drngan alasan gitu kayanya susah

      Hapus
    2. Nasibnya sama kaya saya mb, frustasi banget masa di foto ktp bener2 kek mati lampu, buremm bgtt apalagi kalo di fotocopy cuma jadu warna kotak hitam saja. Tp kalau mau ganti drngan alasan gitu kayanya susah

      Hapus
  19. Mbak saya kan baru bikin ktp nah kebetulan saya disitu pakai hijab yang warna item dan foto saya gak keliatan muka jadi burem gitu mbak nah kalau saya mau ganti foto itu bisa gak mbak soalnya ini foto menurut saya penting soalnya seumur hidup dan saya di foto itu burem kayak orang gak mempunyai masa depan nah itu menurut kakak gimana kalau
    mau ganti foto???

    BalasHapus