Minggu, 21 Desember 2014

Tips Membuat SIM C Tanpa Nembak

Sebagai pengendara yang baik harus mempunyai SIM (Surat Izin Mengemudi), SIM A untuk pengendara mobil, SIM B untuk pengendara truk, SIM C untuk pengendara motor dan SIM D khusus kaum difabel. Terlebih jika udah kerja kayak gue, karena biasanya justru di tempat kerja lah yang pengawasan nya lebih ketat dibanding di jalan. Gue udah berumur 21 tahun dan baru membuat SIM, padahal udah mengendarai motor sejak SMA, tapi selepas SMA merantau untuk mulung ilmu di kota kembang, disana jarang bawa motor tapi pernah pas mengendarai motor pinjaman, gue kena tilang karena melanggar forboden dan akhirnya gue didenda, awalnya polisi itu minta 250 ribu lalu gue dan teman gue yg diboncengan memelas akhirnya kami bayar 50 ribu. Simpel memang jika kena tilang dijalanan kita cukup bayar denda itupun masih bisa ditawar, lain halnya jika kena tilang ditempat kerja selain kena denda, karir kita pun akan terancam, terlebih gue udah kontrak kerja 6 tahun di tempat gue bekerja sekarang. Oleh karena itu gue memutuskan untuk secepatnya bikin SIM pas kerja, karena baru punya uang lebih juga sih hhe.

Gue daftar pembuatan SIM C tanggal 06 Desember 2014, biaya nya 150 ribu, dengan rincian 100 ribu untuk pembuatan SIM C itu sendiri yang nantinya akan digunakan oleh negara sebagai PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak), 30 ribu untuk asuransi dan 20 ribu untuk tes kesehatan. Nah untuk tes kesehatan nya ini bebas mau dilakukan di polsek atau dokter umum di dekat tempat tinggal kalian, gue sih pakai jasa dokter umum yang biasa gue mintain tolong untuk pembuatan surat keterangan sehat, biayanya sama 20 ribu.

Setelah melakukan registrasi atau pendaftaran selanjutnya gue menunggu untuk dipanggil namanya di loket terpisah. Waktu itu gue bikin hari sabtu, karena memang gue ada waktunya cuma hari sabtu dan di hari sabtu ini rame banget yang mau bikin SIM.

Tips membuat SIM C tanpa nembak alias murni

1. Baca doa, bagi yang muslim minimal baca bismillah supaya diberi kemudahan.

2. Sarapan, jangan dikira bikin SIM itu sebentar lho. Apalagi jika yang daftar ratusan orang, untuk proses pembuatan SIM nya sendiri mungkin cuma 1-2 jam, tapi ngantri nya itu, terlebih jika Anda datang hari sabtu.
Untuk menunjang tubuh Anda tetap fit selama mengantri ataupun proses pembuatan SIM nya itu sendiri maka sarapanlah. Untuk yang gak biasa sarapan, maka biasakanlah sarapan karena sarapan itu sangat penting untuk kesehatan.

3. Datang sepagi mungkin, lebih baik nunggu polisinya selesai apel pagi daripada harus nunggu panggilan diantara puluhan bahkan ratusan orang jika anda datang agak siangan. Waktu gue pertama daftar datang jam 8 dan baru dipanggil jam 10. Lumayan nunggu 2 jam membuat perut gue keroncongan dan akhirnya pas tes tulis gue jadi gak konsen, alhasil gue remedial.

4. Belajar, sesibuk apapun anda usahakan baca-baca contoh soal atau tentang peraturan lalu lintas di internet, hal ini juga bisa dilakukan selagi anda menunggu nama Anda dipanggil untuk tes tulis, seperti yang gue lakukan, lumayan lah sedikit membantu daripada Anda terbengong-bengong diruang tes tulis. Syarat lulus ujian tulis adalah Anda tidak boleh salah lebih dari 12 soal dari 30 soal yang disajikan. Waktu itu gue salah 14 jadilah gue remedial minggu depan nya dan setelah remedial gue salah 7, gue dinyatakan lulus! Gue langsung ujian praktik.
For your info, remedial pembuatan SIM itu tidak bayar lagi sepeser pun kita hanya perlu bawa kertas pendaftaran awal.

5. Latihan untuk tes praktik, ujian praktik yang dilakukan untuk membuat SIM C di polsek tangerang itu mengendarai motor lalu membentuk zig zag dan angka delapan dengan dibatasi oleh plang pembatas, selama mengendarai motor tersebut kaki kita tidak boleh menyentuh aspal dan tidak boleh menjatuhkan plang pembatas. Sekalipun Anda tidak sempat atau malas latihan, lihatlah orang yang lebih dulu ujian praktik di hari itu. Ketika gue ujian praktik pertama kali gue rem tangan kanan alias rem ban depan alhasil kaki gue turun ke aspal dan gue dinyatakan belum lulus dan harus mengulang minggu depan nya lagi.
Nah, tips untuk ujian praktik ini adalah jangan sekali kali Anda pakai rem depan karena dengan rem depan motor akan berhenti mendadak dan membuat kaki otomatis ke aspal untuk menahan keseimbangan, pakailah rem belakang yang lebih stabil! Jika Anda menggunakan motor manual (non matic) ketika ujian praktik pakailah gigi dua selalu.
Ketika gue tes praktik di polsek tangerang ada dua pilihan motor yaitu motor matic dan motor gigi (tidak ada motor kopling) dan sebelum tes dibilang sama polisinya untuk pakai gigi dua dan rem belakang saja.

6. Jangan mempedulikan omongan orang. Nah, ini yang gak begitu penting dibanding tips yang lain tapi menurut gue ini adalah yang paling penting karena ketika Anda ingin membuat SIM secara murni alias ga nembak pasti ada saja yang mencemooh Anda. Bapak gue sendiri aja bilang "Halah, ngapain bikin SIM ga nembak pasti nanti bakal dipersulit sama polisinya". Begitupun yang dibilang bokap teman gue yang kurang lebih isinya sama, seperti ini "Ngapain Lan bikin SIM secara murni ga bakal jadi jadi, udah nembak aja biar langsung jadi". Emang sih bikin SIM secara murni itu butuh proses dan perjuangan karena kita benar-benar mengikuti jalannya proses pembuatan SIM dan harus lulus. Tapi bukan berarti kita bakal dipersulit atau dilama-lamain sama polisinya, jika kita langsung lulus ujian tulis dan ujian praktik hari itu juga maka SIM nya juga akan dicetak hari itu juga kok. Namun jika Anda ga lulus maka Anda akan disuruh mengulang atau remedial minggu depannya. Seperti gue, gue ujian tulis ga lulus satu kali. Setelah coba minggu depannya ujian tulis gue lulus, giliran ujian praktik yang ga lulus satu kali. Gue coba ujian praktik di minggu depannya lagi dan alhamdulillah gue berhasil dan hari itu juga gue foto, cap jempol dan tanda tangan untuk pencetakan SIM.

Keuntungan dari membuat SIM C secara murni :
1. Lebih irit, jika Anda nembak biaya yang dikeluarkan bisa sampai 500 ribu rupiah, membuat SIM C secara murni hanya 150 ribu rupiah.

2. Tidak turut serta mendukung praktik KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme) di negeri ini khususnya di kepolisian.

21 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih. Mari kita bersama-sama berantas KKN mulai dari diri sendiri dan hal terkecil.

      Hapus
  2. kira kira skrg bikin sim berapa yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau kalo sekarang mbak isma. Tapi kayaknya belum ada kenaikan harga kalo yg murni, kalo yg nembak kurang tau ya hehe beda beda soalnya kalo yg nembak, tergantung oknum nya.

      Hapus
  3. Makasih infonya ya? Emang banyak yang ga mau bikin sim nembak tapi situasi n kondisi yg menggiring masyrakat bikin sim jadi nembak, yang ane denger juga gitu klo bikin resmi ga pake calo kita bolak balik.tapi mnding bolak balik dripada mmbantu korupsi makin marak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Al. Sebenarnya kalo kita langsung lulus tes tulis dan praktik hari itu juga SIM langsung jadi sih..
      Terima kasih sudah sependapat ke arah yang lurus bersama saya hehe.

      Hapus
  4. lo di daerah sana enak, di daerah gua KKN udah kewajiban, mau bener semua juga jawaban nya di salah-salahin sama oknum, btw, gua pernah bikin SIM jujur alias ga main belakang, gua gagal dan bukan di suruh balik minggu depan, tapi disuruh balik nya 3 bulan lagi? nahhh lo, gimana tahan nunggu 3 bulan lagi buat remedial ujian ? ga semua yang lo bilang itu bener. terkadang tiap daerah beda kualitas pelayanannya. terima ajalah. gua nembak SIM aja. karena memang itu satu-satunya jalan, kalo mau lewat jalan lurus peluang nya 5%, mending nembak, 300rb jadi langsung.

    BalasHapus
  5. Bener juga sih mbak, klo kita bikin murni kita turut memberantas korupsi sebenernya cuma males bolak baliknya itu loh.. duh..

    terapi alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, makanya supaya ga bolak balik, ini saya kasih tips nya mas. Yg penting sih belajar untuk tes teori dan latihan untuk tes praktik. Diatas udah saya kasih penjabaran biar gak ngawang banget.

      Hapus
  6. pengen deh bikin sim,,,tapi gimana ya udah jadi langganan ditilang polisi,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan buruk jangan dibudayakan dong. Bikin aja SIM secara murni, ini udah saya kasih tips nya, seru loh.

      Hapus
  7. Terimakasih atas informasinya , sangat bermanfaat sekali

    sekalian ijin promosi ya :)
    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://alatantrianberkualitas.blogspot.com/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    BalasHapus
  8. Kak mau tanya kalo hari sabtu bika gak ya untuk urus sim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Rizky, ini saya urus SIM nya hari sabtu, tapi kalo sabtu hanya buka setengah hari kayaknya. Saya saranin utk dateng lebih pagi.

      Hapus
  9. Ini baru postingan yang edukatif dan motivatif. Say good bye to KKN :D Good job kak Wulandari !

    BalasHapus
  10. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘salut mba,alhamdulillah cerita nya lebih menguatkan+memotifasi saya untuk bikin sim pake jalur yang benar..
    Plus minta do'a nya biar saya langsung lulus๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘di ujian yang akan saya tempuh..

    BalasHapus