Kamis, 24 Juli 2014

Bandung - Tangerang cuma Rp 9500 naik kereta tapi waktunya dari pagi sampai sore

for your info aja nih gue asli tangerang, lahir dan besar di tangerang, gue kuliah di bandung sudah hampir tiga tahun. (maaf ya sebelumnya pake bahasanya gue-gue-an, maklum anak kota, tapi kotanya pelosok). biasanya kalau mau balik ke tangerang gue naik bis dari terminal leuwih panjang di bandung langsung ke kebon nanas di tangerang, tapi kali ini gue akan mencoba naik kereta ekonomi via purwakarta lalu ke jakarta, dari jakarta nyambung krl (kereta listrik) menuju tangerang. alasan gue mencoba naik kereta adalah karena harganya yang murah meriah cuma Rp 9.500 (tapi lama, dari pagi sampai sore) dibanding naik bis Rp 65.000 kalau lancar, perjalanan di bis nya doang tiga jam, iya kalau lancar.

gue berangkat pukul 06.00 WIB dari mess gue di dayeuhkolot (kabupaten bandung selatan) menuju stasiun bandung menggunakan jasa angkot (dua kali naik angkot, dayeuhkolot-kalapa Rp 3.000 dan kalapa-stasiun bandung Rp 2.000). nyampe stasiun bandung jam 7 kurang, gue langsung beli tiket kereta ekonomi bandung-purwakarta seharga Rp 3.500.

karena kereta nya datang jam 8 jadi nunggu dulu di samping jalur kereta sambil duduk dan browsing-browsing internet di hp. setelah kereta datang jam 8 gue langsung naik dan nunggu (lagi) karena keretanya ternyata baru berangkat jam 9 kurang, gue juga gak ngerti kenapa, katanya sih ada pergantian gerbong gitu. dalam perjalanan menuju stasiun perwakarta gue menghabiskan waktu dengan tidur, stasiun perwakarta adalah tujuan akhir alias penghabisan jadi gak perlu khawatir kelewatan.

nyampe stasiun purwakarta jam setengah 12, tapi loket penjualan tiket kereta ekonomi menuju jakarta baru dibuka jam setengah 1, lumayan nunggu sejam untuk shalat dzuhur dan makan siang dulu, atau jika tidak melakukan keduanya bisa tidur siang dulu, ngampar di stasiun. pas jam setengah satu gue membeli tiket kereta ekonomi purwakarta jakarta seharga Rp 3.000

dikarenakan kereta datang jam 1 lewat 10 menit akhirnya gue nunggu lagi di stasiun purwakarta bosan nunggu dengan browsing-browsing kali ini gue nunggu sambil gangguin anak kecil yang ngeliatin gue mulu. setelah kereta datang gue langsung masuk ke dalam kereta, setelah sebelumnya tiketnya diperiksa terlebih dahulu, lalu perjalanan dilanjutkan kembali, jam 13.45 WIB kereta baru jalan. dalam perjalanan kebanyakan gue menghabiskan waktu dengan tidur tapi tetap dengan keadaan hati-hati di daerah cikampek mulai banyak pedagang dan pengamen masuk.
maaf, fotonya agak kurang jelas dan kurang kebaca, soalnya gue ngambil fotonya pas kereta nya lagi kres sebentar (kres = istilah untuk kereta ekonomi yang berhenti menunggu kereta express lewat duluan)


di perjalanan menuju jakarta gue juga ngobrol-ngobrol dengan bapak-bapak yang ada di depan gue untuk memastikan jalur yang akan ditempuh dari jakarta ke tangerang nantinya. tadinya kami disarankan turun di stasiun jati negara atau stasiun kampung bandan untuk melanjutkan perjalanan ke tangerang tapi setelah gue tanya ke petugasnya keretanya gak berhenti di kedua stasiun tersebut tapi berhenti di stasiun kemayoran yaudah akhirnya gue putuskan untuk turun di kemayoran.

tiba di stasiun kemayoran pukul 16.10 WIB gue langsung membeli tiket krl (kereta listrik) seharga Rp 8.000 (tapi setelah sampai di stasiun tujuan kartu ini dapat ditukar dengan kembalian sebesar Rp 5.000, jadi dari stasiun kemayoran jakarta ke stasiun tangerang Rp 3.000)

perjalanan dari kemayoran ke tangerang gak langsung nyampe gitu aja tapi harus transit dulu di stasiun duri di jakarta untuk lanjut naik KRL ke arah stasiun tangerang. di stasiun kemayoran kami menunggu di jalur dua sekitar 15 menit menanti KRL tujuan akhir depok untuk transit di stasiun duri jakarta. turun di stasiun duri langsung ada KRL yang menuju ke stasiun tangerang di jalur 4 tapi kami harus menunggu beberapa menit sampai KRL tersebut jalan. di perjalanan dari stasiun duri ke stasiun tangerang, santai aja karena stasiun tangerang adalah stasiun penghabisan jadi gak takut kelewatan.
sumber gambar: www.wartapakwan.com

sampai di stasiun tangerang gue langsung bergegas ke loket untuk menukar kartu commuter line/tiket KRL dengan uang tunai sebesar Rp 5.000 dibayar tunai. sah! (Lho? haha becanda, serius amat bacanya). sampai di stasiun tangerang pukul 18.04 WIB.

jadi, rutenya begini kalo mau naik kereta ekonomi dari bandung ke jakarta lalu naik commuter line (KRL) dari jakarta ke tangerang. pertama naik kereta ekonomi bandung purwakarta jam 08.00 WIB sampai di purwakarta jam 11.30 WIB (harga tiket Rp 3.500), lanjut naik kereta ekonomi jurusan purwakarta jakarta yang berangkat jam 13.00 WIB nyampe di stasiun kemayoran, jakarta jam 16.10 WIB (harga tiket Rp 3.000), dilanjut naik KRL dari kemayoran transit ke duri dulu, dari duri nyambung naik KRL lagi ke stasiun tangerang (Rp 3.000).

jika dihitung hitung ongkos keretanya doang dari stasiun bandung ke stasiun tangerang gue cuma mengeluarkan dana sebesar Rp 9.500 dengan waktu dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. sangat jauh lebih murah jika dibandingkan ongkos bis Rp 65.000 dengan waktu kurang lebih lima jam jika dihitung bersih berangkat dari mess, nunggu bis ngetem ga lebih dari sejam hingga sampai di rumah.


Buat yang mau wisata ke Bandung dari Tangerang - Serang - Jakarta, saya ada opentrip nya, silahkan cek instagram @KekinianAdventure

105 komentar:

  1. Ka mau nanya kalau yang BD -Gambir bgmn ka ? Kan ada tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang itu mah gak naik ekonomi, tapi naiknya yang bisnis atau eksekutif kereta parahyangan, paling murah 75 paling mahal 90an. turunnya di gambir kalo yang parahyangan ini.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Ka wulandari ??
    Nama kampusnya apa ka yg messnya da dayeuh kolot itu ? :D .. Sepertinya kenal ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Arie : Nama kampusnya Akademi Teknologi Pulp dan Kertas.

      Hapus
  3. kalo sekrarang jadwalnya masi sama kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau, semenjak nulis blog ini belum pernah melakukan perjalanan bandung tangerang via kereta lagi.

      Hapus
  4. Kak wulan kalau dr tangerang - bandung harga tiket keretanya sekita 3500an juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari tangerang ke bandung ga ada yg langsung kalo mau ke jkt dulu (gambir) itu pun bukan kereta ekonomi, tapi bisnis/eksekutif. Dari jakarta ke purwakarta katanya sih ada yg ekonomi tapi ga tau jam berapa. Tapi dari purwakarta ke bandung ga ada kereta ekonomi seperti dari bandung ke purwakarta.

      Hapus
  5. Mba mau tanya , kalo tangerang nya di kampung melayu, enaknya naik apa dari bandung turunnya dimana yang paling deket sama kampung melayu. Baru pertama kali mau ke tangerang ni soalnya. Makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  6. Kamu maunya naik apa? Naik kereta ekonomi, kereta express atau bis? Kalo baru pertama kali perjalanan dari bandung ke tangerang saya saranin naik bis aja, soalnya enak naik bis ga mesti transit2. naiknya dari terminal leuwih panjang naik bis yg jurusan bandung tangerang, ada bis arimbi ataupun primajasa. Karena saya berdomisili di cimone maka saya biasa turun di kebon nanas. Tapi kalo kamlay alias kampung melayu saya kurang tau mesti turun dimana, saya blm pernah ke kamlay soalnya. Nanti tanya aja sama keneknya yg paling dekat sama kamlay enaknya turun dimana gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dri cimone mba ,,
      Tau ngga kalo naik bis arimbi ,jadwal berangkat nya jam berapa kalo pagi

      Hapus
    2. Setau saya arimbi tangerang bandung dan sebaliknya 24 jam, waktu itu saya berangkat dari tangerang ke bandung naik bis arimbi jam 5 pagi sudah ada.

      Hapus
    3. Kalo dari bandara biasanya agak lebih mahal dikit.

      Hapus
  7. Mba wulan . Saya tinggal dikutabumi mba . Saya mau wisata kebandung mba . Sama isteri saya . Cuma saya buta arah mba . Belum pernah kesana . Saya mau tanya2 mba yg lebih spesifikasi . Kalo boleh saya minta nomor hp / pin mba nya . Kalo mba ga mau mempublikasikannya . Mba tolong hubungi saya di sini 52a0dbae

    BalasHapus
  8. Mbaa kok sekarang saya cek harga kereta ekonominya harga rute diatas tidak sesuai mba? Apakah sudah pada naik? Harganya sampai 70rban gt jd benar rutenya bandung-purwakarta-jakarta gitu kan mba? Ceknya lebih baik dimana ya mba?? Mohon balasanya ya mba hehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, bandung purwakarta jakarta. 70rb mah eksekutif / bisnis kali?

      Hapus
    2. Iya bener, bandung purwakarta jakarta. 70rb mah eksekutif / bisnis kali?

      Hapus
  9. Mba , saya mau liburan ke bandung , saya sari tangerang , klo dari jakarta naiknya di stasiun mana ya ? Terus turunnya di stasiun mana nantinya ? Stasiun mana ya yg paling dekat dengan pusat kota bandung , gedung sate misalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari jakarta naik dari stasiun gambir saja, naik kereta eksekutif/bisnis. Turunnya di stasiun bandung, dari stasiun bandung dekat alun-alun bandung ke gedung sate cuma sekali naik angkot.

      Hapus
  10. ka. sya dri tngerang domisili tnh tinggi.
    sya pnya rncana k bandung via kereta. stlh mmbca postingn mba dri rute n hrga tiketny sya jdi tw kdua hal tsbt. tjuan sya kbndung utk holiday aja tmptny k taman raya gua blnda jpg. kira" dri stsiun bndung adakh angkutn yg arahny k tjuan sya diatas. mf beteteran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok, lengkap, dari stasiun bandung angkot yg mau kemana aja ada.

      Hapus
  11. Kak, kalo dari Gambir - Bandung ga ada ekonomi? Gue juga ada rencana mau ke sana.. Bagi infonya dong kak.. Mau melepas stress haha. Rencana sih ke jogja tapi kejauhan dan kayanya belom berani solo travel ke sana hehe... Mohon infonyaa..
    Langsung aja tuh buka G+ gue.. Ditunguuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada ekonomi kalo dari jkt ke bdg mah. Mending naik bis aja, lebih murah daripada kereta eksekutif atau bisnis.

      Hapus
  12. Mba klo dari bandung mau ke tang city mall via bus gimana caranya trus abis ongkos berapa kira kira?? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu naik aja dari terminal leuwih panjang bandung yg ke arah tangerang, nanti tanya sama kenek nya lewat Tangcity Mall ga. Terakhir sih september 2015 60ribu

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. ka wulan, kalau sekarang OTS masih bisa kn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari St. jkt kota ke Purwakarta(08:00-11:00)
      nah dari purwakarta ke bandungnya ada kn jam 11an?
      ga perlu booking tiket dulu kn?

      Hapus
    2. Saya bahas kereta ekonomi dari bandung » purwakarta » jakarta, kalo sebaliknya ga ada yg ekonomi, ada juga bisnis/eksekutif dari gambir ke stasiun kiara condong bandung

      Hapus
  15. Mbak wulan kalo dari tangerang tepat nya saya di pintu air nih mau ke bandung nih naek bis nya dimana yah

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Mbak wulan kalo dari tangerang tepat nya saya di pintu air nih mau ke bandung naek bis nya dimana yah.. di bantu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di pintu air mah enaknya ke kalideres deh kayaknya, lebih dekat.

      Hapus
  18. kalo dari serpong mau ke bandung gimana cara nya ya?
    tapi tarif kereta nya yg murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya kalo dari tangerang ke bandung ga ada kereta ekonomi. Jadi paling harus ke gambir dulu untuk naik yg bisnis/ eksekutif.

      Hapus
  19. Kak mau nanya, kalo Dari serpong-bandung ruteny Dari mana Dan nail kereta api klas apa?
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kereta api kelas bisnis atau eksekutif dari gambir

      Hapus
  20. Kak. Klu dr bekasi ke bandung gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari bekasi enak naik bis, deket, arimbi atau primajasa.

      Hapus
  21. Ka ini dari bandungnya dari stasiun apa? Kirconkah? Terus di tangerangnya turun diman?? Aku di tigaraksa ka.
    Mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stasiun bandung. Kalo tigaraksa ya dari jkt nya naik KRL yg arah stasiun tigaraksa aja

      Hapus
  22. Kalo sekarang naik kereta dr bandung ke tangerang yang rutenya sama kaya kakak gitu, masih ada gak yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau juga, terakhir saya melakukan perjalanan ini pas nulis blog ini, dua tahun lalu.

      Hapus
    2. Teh wulan,klo dari bandung ke pamulang tangerang selatan gimana rutenya...???transportasinya apa (bis,kereta,travel) skalian sama tarif ongkosnya...?soalnya ada panggilan kerja.....

      Hapus
    3. Kalo mau enak sih naik travel lebih mahal 10 ribuan sama bis umum, mungkin skrg 80an

      Hapus
  23. Kalo mw ke bandung wisata yang ga mengecewakan tahapan rute nya kemana aja ya.mf belom pernah ksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas nya orang mana? Baca aja blog saya yg ini mas : http://wulandaritng.blogspot.com/2014/08/ngebolang-ke-lembang-cisarua-bandung.html?m=1

      Hapus
  24. Kalo dr bandung ke tanggerang itu transit ke KRL nya di stasiun apa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya balik nanya, dari paragraf tulisan saya yg ini kurang jelas apa ya?

      jadi, rutenya begini kalo mau naik kereta ekonomi dari bandung ke jakarta lalu naik commuter line (KRL) dari jakarta ke tangerang. pertama naik kereta ekonomi bandung purwakarta jam 08.00 WIB sampai di purwakarta jam 11.30 WIB (harga tiket Rp 3.500), lanjut naik kereta ekonomi jurusan purwakarta jakarta yang berangkat jam 13.00 WIB nyampe di stasiun kemayoran, jakarta jam 16.10 WIB (harga tiket Rp 3.000), dilanjut naik KRL dari kemayoran transit ke duri dulu, dari duri nyambung naik KRL lagi ke stasiun tangerang (Rp 3.000).

      Hapus
  25. Untuk berwisata ke Bandungnya silahkan baca blog saya yang ini ya:
    http://wulandaritng.blogspot.co.id/2014/08/ngebolang-ke-lembang-cisarua-bandung.html

    Terima kasih..

    BalasHapus
  26. kalau dari Cirarab, Legok Tangerang mau ke Bandung naik kereta paling dekat dari stasiun mana yah ?

    BalasHapus
  27. Informasi dari temen saya, keretanya transit di sta.gambir. T'rus itu nanti beli tiket lagi jurusan Gambir-Bandung gitu ? atau tidak perlu ganti kereta ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas, naik kereta bisnis / eksekutif dari stasiun gambir jakarta langsung ke bandung.

      Hapus
  28. Kl dri cimone mo ke terminal caheum naek apa ya kak..tepatnya ke metro indah mall..bru pertama mo kesono cc kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf banget mbak rana, saya kurang tau kalo dari cimone ke terminal cicaheum. saya pernah ke cicaheum tapi dari indramayu. kalo dari tangerang setau saya berhenti nya di terminal leuwi panjang, nanti mbak rana ke kebon nanas aja naik bis arimbi atau primajasa yg ke bandung (Rp 75.000 - Sept 2016) lalu turun di terminal leuwi panjang, dari leuwi panjang nyambung angkutan umum seperti damri (tahun 2014 sih tarif damri Rp 3.000) atau angkutan umum lainnya

      Hapus
  29. Kl dri cimone mo ke terminal caheum naek apa ya kak..tepatnya ke metro indah mall..bru pertama mo kesono cc kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau kak, saya baru sekali ke Cicaheum itu pun ke Indramayu bukan ke Tangerang. Kalau mau dr kebon nanas cikokol naik bis arimbi ke terminal Leuwi Panjang, baru sambung angkutan umum ke cicaheum.

      Hapus
  30. mbak wulandari, ini kalau mau info lengkap mengenai Jadwal Kereta Api Argo Parahyangan yang terbaru. perubahan terakhir jadwal kereta Argo Parahyangan cuma pas 2015. jadwalnya sekarang masih sama :)

    salam kenal ya :)

    BalasHapus
  31. Mbak kalau rute nya dari tangerang-bandung harus ambil jurusan jakarta & purwakarta juga? Apa ada yang langsung ke bandung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo maaf banget baru balas. kalau untuk tangerang bandung harus langsung ke bandung mas, naik kereta bisnis atau eksekutif dari stasiun gambir jakarta, nanti turunnya di stasiun bandung atau kiara condong.

      Hapus
    2. Oh gitu.. jadi berangkat di gambir toh..
      Makasih ya info nya^^

      Hapus
    3. Oh gitu.. jadi berangkat di gambir toh..
      Makasih ya info nya^^

      Hapus
    4. iya sama-sama jika masih butuh info boleh sms atau WhatsApp 08811683064

      Hapus
  32. Mba wulan kalo dr terminal leuwih panjang ke PT Dirgantara Indonesia jln pajajaran komplek tentara naik angkot apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalo nanya rute mending sebut nama daerah deh mas, jangan nama jalan saya gak hapal. Jalan pajajaran itu daerah mana ya? Dayeuhkolot atau mana?

      Hapus
  33. Judulnya tanggerang Bandung koq malah Bandung tanggerang duuuh gmna seh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak. Judul blog ini Bandung-Tangerang. Terima kasih.

      Hapus
    2. Halo kak. Judul blog ini Bandung-Tangerang. Terima kasih.

      Hapus
  34. Kalau mau ke serpong mall alam sutra sprti contoh bisa g mba?

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Mba, saya mau ke Pamulang dari bandung. Dan rencananya saya mau naik kereta Argo Parahyangan. boleh share rutenya kah ? Dari stasiun bandung, kemana . dan setelah itu kemana ya ?

    Terima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mohon maaf bgt baru bales komennya. langsung aja cari kereta yg ke jkt ka. rute yg saya tulis di blog ini tdk berlaku kebalikan.

      Hapus
  37. Mba wulan terimakasih sebelumnya sangat membantu blognya apalagi buat saya yg ingin mencoba alone travel.

    Saya dari bandung mau menuju serpong,kira2 rute dan biayanya saat ini berapa yaah? Terimakasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sori baru balas mas, komennya masuk ke spam & saya baru liat. setelah lulus D3 di bandung 2014, saya udah jarang ke bdg lg. bisa naik kereta ekonomi seperti diatas (jika mau repot) atau naik bis arimbi/primajasa dari leuwi panjang ke kebon nanas

      Hapus
    2. klo naik bis biaya nya 80rb (update 2018)

      Hapus
  38. Aku dari Tangerang mau wisata ke Lembang Bandung kaa,apa aku harus dari Tangerang ke Gambir dulu untuk ke Bandung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ke gambir dlu ka, nanti dr gambir naik kereta bisnis/eksekutif ke bdg, ongkosnya 90an

      Hapus
  39. Kaa, mau tanya. Kalo naik bus dari cikokol tangerang menuju bandung lembang itu nama bis nya apa ya? Transit atau ngga?Hrg nya berapa per orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. bis arimbi / prima jasa, ga transit. 80an/org, update harga 2017

      Hapus
    2. Kalo dari ice bsd ke lembang ada gak kak bis nya yg 24 jam ? Nama bis nya apa ya? Harga nya 80 an juga kak?

      Hapus
    3. dari BSD blm ada, ke kebon nanas aja, naiknya dr situ

      Hapus
  40. Ka mau tanya kalau dari stasiun Tangerang ke balaraja naik angkutan umum yang apa?

    BalasHapus
  41. bis ka, 80an. kereta mah agak lbh mahal & jadwalnya terbatas

    BalasHapus
  42. Assalamuaalaikum ka nanya dong hari minggu di kereta masih bisa nggak?

    BalasHapus
  43. klo sekrang gimana ka masi berpetualang kah? heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih mas, saya jadi punya travel agent sendiri karena sering berpetualang, silahkan kunjungi instagram @KekinianAdventure atau KekinianAdventure.com ya. Makasih..

      Hapus
  44. Halo Kak, Untuk Sekarang apakah rute tersebut masih berlaku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau kak, udah ga nyoba lagi setelah lulus kuliah di bandung 2014

      Hapus
  45. Kak mau tanya, saya dari Majalengka mau ke wilayah Tangerang (BSD). Kira kira enaknya naik bis atau kereta? Kalo bis naiknya dimana? Kalo kereta apa bisa langsung tanpa transit dulu? Sama perkiraan biayanya habis berapa...

    BalasHapus
  46. Teh wulan, dari bandung mau ke ikea naik apa baiknya teh (baru pindah bandung ini)

    BalasHapus
  47. Ka bsok aq mw k stasiun tangerang tan ka cara nya ..soal ny ini yg prtama x saya naik KRL...

    BalasHapus
  48. Ka kalo mau ke lembang turun di mna stasiun nya di bandung? Apa stasiun nya 1 doang?

    BalasHapus
  49. Kak, kalo misalkan naik bis bandung-tangerang itu turunnya di stasiun mana ya pas ditangerangnya, saya mau ke tngerang buta arah bgt

    BalasHapus